Cara Membuat Tas Decoupage

Cara Membuat Tas Decoupage

Anda sudah tahu apa itu decoupage?

Bagi masyarakat umum, jika ditanya decoupage, bisa jadi langsung mengerutkan dahi. Kerajinan kreatif ini memang bukan dari Indonesia, melainkandari Perancis. Decoupage berasal dari bahasa Perancis découper, yang artinya memotong.Fenomena-alam-aneh-tanda-kiamat-sudah.

Decoupage merupakan kerajinan atau bentuk seni menggunting dan menempelkan gambar dari potongan-potongan bahan. Potongan tersebut ditempel pada objek, lalu dilapisi dengan pernis/ pelitur. Tergantung jenis media yang digunakan, bisa satu hingga beberapa lapisan.


Pernis melindungi cat dan kertas agar tahan lama. Potongan kertas/ tissue yang sudah ditempel pada media tas anyaman akan nampak dalam sehingga pola dan gambar terlihat seolah-olah dilukis pada objek yang diproses dengan teknik decoupage. Selain pada tas, teknik ini bisa dilakukan benda dari kaca, kayu, plastik, kaleng, besi, kain dan lain-lain. Hasil akhirnya, gambar/ motif tissue yang ditempelkan akan terlihat menyatu alami.Indonesian-burger-recipe.


1. Media decoupage ( Tas pandan)




2. Kertas tisyu khusus decoupage/ paper napkin, Gunting, Kuas



3. Lem Mod Podge bisa didapatkan di beberapa toko khusus dan toko online




4. Spons dan air





    Cara membuat decoupage tas pandan

1. Gunting tisyu/paper napkin sesuai pola yang d¡ inginkan untuk ditempel pada permukaan tas.  Lalu kupas paper napkin karena paper napkin terdiri dari 2-3 lapisan. Gunakan lembaran paper napkin yang bermotif.

2. Siapkan media / tas pandan. Pastikan tas tidak bergelembung dan tidak terdapat kotoran pada permukaan tas agar paper napkin bisa menempel dengan sempurna.

3. Letakkan potongan Paper Napkin pada posisi yang diinginkan. 

4. Basahi spons dengan air lalu peras. Dalam tahap ini spons jangan terlalu basah cukup lembab saja.   
5. Basahi permukaan potongan  paper napkin yang telah diletakkan pada permukaan tas dengan menggunakan spons yang telah basahi tadi. Caranya adalah dengan menekan2 spons dari area tepi paper napkin baru ke area tengah. Pastikan paper napkin tidak berkerut. Tekan perlahan2 jangan sampai sobek dan pastikan paper napkin menempel sempurna pada permukaan tas.     

6. Setelah paper napkin menempel sempurna pada permukaan tas, lapisi paper napkin dengan menggunakan lem Mod Podge. Sapukan kuas perlahan2 karena paper napkin dalam kondisi basah dan rentan sobek. Stir-fry-asparagus-with-shrimp.            

7. Setelah di lapisi lem, keringkan permukaan paper napkin dengan menggunakan hair dryer. Apabila tidak ada bisa di jemur atau di angin2kan. Penggunaan hair dryer untuk lebih mempersingkat waktu.                 
8. Setelah permukaan paper napkin benar2 kering, lapisi kembali dengan Lem Mod Podge. Fungsinya agar menimbulkan efek mengkilap pada motif paper napkin yang telah menempel. Jadi, kita tidak perlu menggunakan vernish lagi.

9. Keringkan kembali dengan menggunakan hair dryer atau di jemur    
   
10.Akhirnya selesai juga...ini dia penampakan karya saya. Masih sangat simple dan berantakan yang penting sudah belajar.  Cool dan asyik..!   https://tii.ai/E3rLOJfC







No comments:

Post a Comment